Melihat Sisi Gelap Bahasa Indonesia Saat Diresmikan Sebagai Bahasa Dunia

Sebuah Pencapaian Memikat untuk Indonesia di Akhir Tahun 2023

Akhir Tahun 2023 menjadi momen membanggakan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apa yang membuat negara kepulauan ini merasa bangga dan bahagia pada periode tersebut?

Jawabannya terletak pada akhir Bulan November 2023, di mana Bahasa Indonesia diangkat sebagai bahasa resmi ke-10 dunia. Penghargaan ini diberikan oleh Unicef, badan PBB yang berfokus pada bidang tersebut.

Pengakuan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dalam sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membawa angin segar bagi politik luar negeri Indonesia di tingkat internasional.

Bahasa Indonesia: Dinamika Sejarah dan Keunikannya

1. Bahasa Indonesia Diangkat dari Bahasa Melayu
Bahasa Melayu, sebagai bagian dari rumpun Austronesia, telah menguasai wilayah Asia Tenggara. Negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan lainnya menggunakan Bahasa Melayu sebagai bahasa nasional.

Indonesia, dengan populasi lebih dari 280 juta, menjadi pemimpin pengguna Bahasa Melayu. Dengan populasi dunia mencapai 4,5 miliar, Bahasa Indonesia kini digunakan oleh 3,5% penduduk dunia.

2. Bahasa Indonesia Merupakan Lingua Franca
Sejak zaman sebelum tahun 1928, Bahasa Melayu telah menjadi bahasa pengantar di wilayah-wilayah dengan bahasa berbeda. Kerajaan-kerajaan besar seperti Majapahit dan Sriwijaya telah menggunakannya dalam komunikasi.

Dinamisme Bahasa Indonesia terlihat dari kemampuannya menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, tetap lestari, dan terhindar dari kepunahan.

3. Fonologis Bahasa Indonesia
Dari segi fonologis, Bahasa Indonesia mudah dipelajari oleh berbagai bangsa. Dengan lambang bunyi yang mudah dimengerti, Bahasa Indonesia menjadi aksesible bagi semua.

4. Bahasa Persatuan dan Nasional
Pada 28 Oktober 1928, Bahasa Melayu diangkat menjadi Bahasa Indonesia. Keputusan ini diambil untuk menciptakan persatuan dalam perjuangan melawan penjajahan. Sejak saat itu, Bahasa Indonesia berhasil menyatukan 715 bahasa daerah di 16.771 pulau Indonesia.

Sampai menjelang usia seratus tahunnya, Bahasa Indonesia telah menyebar ke 52 negara dengan universitas-universitas membuka jurusan Bahasa Indonesia.

Mengakhiri Masa Kecil Bahasa Indonesia

Dengan diangkatnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa dunia oleh Unicef, diprediksi banyak orang asing akan mempelajarinya, mengangkat Budaya Indonesia ke tingkat global.

Bahasa adalah identitas sebuah bangsa. Semakin banyak orang yang menggunakan dan mempelajari bahasa tersebut, semakin kuat pula budaya suatu bangsa.

Melalui keunikan dan dinamika Bahasa Indonesia, Indonesia meraih kebanggaan sebagai salah satu bahasa resmi dunia.

Leave a Comment